Labels

Review AHA Paket Modem 499rb


Pada artikel kali ini saya akan mereview paket modem AHA. Review ini berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan modem tersebut selama kurang lebih 2 bulan ini. Artikel ini tidak bertujuan mempromosikan atau menjatuhkan provider tertentu, tetapi lebih bertujuan agar menjadi data pembanding bagi yang sedang memilih provider mobile internet dan agar provider yang bersangkutan semakin memperbaiki kualitas layanannya pada pelanggan.
Modem ini saya beli sekitar bulan Juli 2010 seharga 499 ribu rupiah di sebuah pameran. Dari informasi yang saya terima ketika pembelian paket modem olive ini cukup menarik. Hanya dengan harga 499 ribu rupiah kita akan mendapatkan:
  • Sebuah modem Olive VME 110 yang telah mendukung jaringan EVDO (detail spec bisa dilihat di sini)
  • Bonus Internetan gratis selama 50 hari dengan kecepatan upto 3.1 Mbps unlimited (promo saat itu)
Modem Olive VME 110 sendiri memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
  • Bentuknya yang bisa dilipat dan tanpa tutup, sehingga tidak mudah terbentur ketika digunakan
  • Memiliki slot Micro SD reader, sehingga bisa berfungsi seperti USB Drive
  • Plug & Play untuk Windows dan Mac OS
Namun kekurangannya adalah:
  • Modem ini dilock hanya untuk sim card aha
Selama memanfaatkan bonus internetan 50 hari tidak ditemui masalah yang fatal, speed yang didapat juga sesuai dengan yang dijanjikan (kebetulan sinyal aha di tempat saya memang bagus), hanya kadang sesekali putus dan harus restart koneksi, atau speed yang tiba-tiba drop sampai tinggal 160 Kbps (speed bonusan ini seharusnya up to 3.1 Mbps).
Software bawaan dari modem
Jika Anda pengguna Windows atau Mac OS, maka utuk menggunakan modem ini anda tinggal menginstall software bawaan dari modem, namun bila Anda pengguna Linux, maka Anda harus sedikit mengutak-atik konfigurasi wvdial (ada di buku panduannya) karena software aha ini tidak ada versi linuxnya. Software ini praktis namun software inilah yang menjadi cikal bakal permasalahan yang saya alami. Oh ya jika ada yang bertanya tentang google chrome yang ditawarkan lewat iklannya, maka percayalah tombol google chrome pada software diatas tidak lebih dari shortcut untuk mendownload dan menginstall google chrome dari internet.
Ketika membeli modem ini saya telah menanyakan bagaimana prosedur pengisian ulang pulsa dan penggantian paket internetan unlimited yang diatawarkan oleh AHA. SPG AHA saat itu menjelaskan bahwa pengisian pulsa dan penggantian paket bisa dilakukan melalui fasiltas messaging (SMS) yang terdapat di software aha.
aha messaging
Ketik 4 hari lalu bonus internetan 50 hari telah habis, software ini tidak memberikan peringatan apapun,  bahkan ketika saya coba  internetan maka hanya tapilan error dari browser yang saya dapatkan. Kemudian saya coba cek pulsa dengan mengirimkan sms melalui software tersebut, tapi ditunggu sampai lama tetap tidak ada balasan. Ketika saya tanyakan ke Customer Care AHA saya diberitahu bahwa pulsa saya tinggal 9 ribu rupiah dan saya diminta untuk mengisi pulsa. Okelah… akhirnya saya isi pulsa 25 ribu rupiah melalui fasilitas sms di software aha. Namun ditunggu sampai lama tidak ada balasan, kemudian saya mencoba mengganti paket internetan menjadi paket internetan per hari, dan tetap saja tak ada balasan.
Usut punya usut setelah kompain ke Customer Care AHA, saya dapatkan jawaban sebagai berikut:
  • Fasilitas sms dari software tersebut memang sering bermasalah, kadang sangat lama untuk menerima sms balasan (dalam kasus saya sms balasan tersebut tidak pernah datang malahan).
  • Untuk pengisian pulsa ataupun pemilihan paket saya disarankan untuk menggunakan HP CDMA lain (jadi sim card di modem harus dipindah dulu ke HP CDMA) atau bila tidak memiliki HP CDMA bisa juga datang ke Customer Care AHA (betapa repotnya kalau tiap kali ingin isi pulsa atau mengganti paket interntan harus ke Customer Care dahulu).
Jadi inti permasalahannya adalah error pada software bawaan modem aha tersebut, dapat mengirim sms tapi tidak bisa menerima sms!!! Padahal untuk pemilihan paket internetan prosedurnya adalah:
  1. client mengirim sms berisi pilihan paket ke nomor 242
  2. server akan mengirimkan sms balasan yang berisikan konfirmasi paket yang akan digunakan
  3. client HARUS mengirimkan sms balasan ke nomor 242 untuk mengkonfirmasi paket yang akan digunakan
  4. server akan memproses pilihan lalu mengirimkan sms balasan yang berisi informasi bahwa paket yang kita pilih telah siap digunakan.
Bagaimana prosedur tersebut bisa berjalan kalau sms balasan dari server tidak pernah sampai ke client??!! Permasalahan semakin rumit karena semua peringatan (sisa pulsa, masa aktif, dll) dikirimkan lewat sms. Jadi selama saya menggunakan software tersebut sms peringatan tersebut tidak pernah datang.
Menurut saya pribadi harusnya aha menyiapkan sebuah mekanisme pengisian pulsa secara online seperti yang telah dilakukan beberapa provider lain. Jadi ketika client mencoba online dengan pulsa atau masa aktif yang telah habis, maka client langsung diarahkan ke sebuah portal (website) pengisian ulang pulsa.
Demikian kurang lebih review dari saya, jika ada perubahan di kemudian hari Insya Allah artikel ini akan saya update. Masukan dari kawan-kawan semua sangat saya harapkan :)
Komentar Facebook
Komentar Blogger

+ komentar + 3 komentar

Kamis, Maret 17, 2011 10:12:00 AM

thanks buat reviewnya sob
:)

Terimakasih evdo atas Komentarnya di Review AHA Paket Modem 499rb
Senin, Maret 21, 2011 9:54:00 AM

thanks buat reviewnya :)

Terimakasih evdo atas Komentarnya di Review AHA Paket Modem 499rb
Selasa, April 05, 2011 10:35:00 PM

sama-sama mas....
salam kenal aja yaa....
klo lg ada promo blng yaa...hehe

Posting Komentar



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Silahkan Tinggalkan Komentar DI blog Ini..!!
Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, PORNO Atau KATA KASAR..!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

New Comment

Top Link

 
top down
SARAN : Gunakan Browser Google Chrome / Mozilla Firefox Untuk Mengakses Blog Ini, Dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Dan Beri Tanda G+ Yang Ada Pada Setiap Posting_Terimakasih Atas Kunjungannya